anak muda, jangan terlalu menganggap serius kolesterol tinggi! dua penelitian "alam" juga menunjukkan: lipid darah yang tidak terkendali akan menimbulkan konsekuensi yang tidak ada habisnya
2024-09-09
한어Русский языкEnglishFrançaisIndonesianSanskrit日本語DeutschPortuguêsΕλληνικάespañolItalianoSuomalainenLatina
apakah anda sudah memeriksakan lipid darah anda baru-baru ini? menurut "pedoman pengelolaan lipid darah dewasa tiongkok (2023)", hasil survei tahun 2018 menunjukkan bahwa orang dewasa tiongkok berusia 18 tahun ke atas memiliki lipid darah abnormal, termasuk hiperkolesterolemia, hipertrigliseridemia, hiperlipidemia campuran, dan hipolipidemia lipoprotein densitas tinggi.tingkat prevalensi keseluruhan telah mencapai 35,6%。dislipidemia seringkali tidak menimbulkan gejala ketidaknyamanan yang jelas pada tahap awal, namun pembuluh darah secara bertahap rusak; seiring perkembangan penyakit, lemak, kolesterol dan zat lain dalam sirkulasi darah menumpuk di pembuluh darah, membentuk "plak", menyebabkan pengerasan dan degenerasi. pembuluh darah sempit, jadiaterosklerosispeningkatan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan。sumber gambar: 123rf
banyak orang mungkin berpikir bahwa hiperlipidemia adalah masalah yang perlu dikhawatirkan oleh orang-orang paruh baya dan lanjut usia. memang benar, di masa lalu, tindakan skrining, pencegahan dan intervensi untuk aterosklerosis sebagian besar ditargetkan pada orang berusia di atas 50 tahun dengan kadar kolesterol tinggi.namun, penelitian baru yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal nature menunjukkan hal itupencegahan aterosklerosis mengharuskan kita untuk memperhatikan kadar lipid darah lebih dini dibandingkan sebelumnya, terutama pada usia muda (termasuk anak-anak dan remaja) dan memperhatikan pengendalian asupan makanan tinggi lemak.。dalam studi tersebut, peneliti dari institut jantung dan paru universitas cambridge pertama kali melakukan percobaan pada tikus untuk mengamati dampak peningkatan lipid darah akibat diet tinggi lemak terhadap pembentukan aterosklerosis. berbeda dengan penelitian serupa sebelumnya, tikus tidak selalu diberi makanan tinggi lemak secara terus menerus untuk menginduksi peningkatan lipid darah ketika mereka lebih tua. tikus dalam kelompok eksperimen telah diberi makan beberapa kali makanan tinggi lemak dari waktu ke waktu sejak mereka berusia lanjut sangat muda." makan besar".meskipun total asupan makanan tinggi lemak sama, dan tingkat kolesterol lipoprotein densitas rendah (ldl-c, umumnya dikenal sebagai "kolesterol jahat") yang terakumulasi dalam sirkulasi darah juga sama, dibandingkan dengan mereka yang terus makan. kolesterol tinggi di kemudian hari, tikus,tikus yang diberi diet tinggi lemak secara berkala pada usia muda memiliki risiko lebih tinggi terkena aterosklerosis。hasil serupa diverifikasi lebih lanjut pada populasi. tim peneliti menganalisis data kohort dari studi risiko kardiovaskular di young finns. kelompok ini mulai melacak anak-anak dan remaja pada tahun 1980 dan memantau mereka selama beberapa dekade, mencatat perubahan tekanan darah, lipid darah, dan indeks massa tubuh pada peserta, lebih dari 2.000 di antaranya menjalani pemindaian ultrasonografi karotis ketika mereka berusia 30-an dan 50-an. hasil analisis data menunjukkan bahwa,peserta yang kadar kolesterolnya tinggi saat anak-anak memiliki kadar plak paling parah。menggabungkan fenomena ini, penulis penelitian menunjukkan di makalahnya,peningkatan kolesterol pada awal kehidupan berhubungan secara signifikan dengan kejadian dan ukuran plak aterosklerotik karotis pada pertengahan masa dewasa.。alasannya menurut analisa penulis adalahini ada hubungannya dengan makrofag yang tinggal di arteri. biasanya, sel-sel kekebalan ini membersihkan sel-sel rusak dan molekul lipid seperti kolesterol dari arteri, membantu mencegah pembentukan plak. namun percobaan pada tikus menunjukkan bahwa ketika kadar kolesterol melonjak lebih awal, ekspresi gen makrofag ini berubah secara permanen, menyebabkan sel tidak lagi bersifat protektif.khususnya, penelitian ini menunjukkan hal itupeningkatan kolesterol yang terjadi secara intermiten tampaknya menyebabkan kerusakan terbesar. beberapa orang mungkin mengubah kebiasaan makannya untuk sementara, seperti memberikan perhatian khusus pada pola makan sehat sebelum dan sesudah pemeriksaan fisik, namun lama kelamaan mulai "menghadiahi" dirinya sendiri dengan makanan berlemak tinggi, sehingga mengakibatkan fluktuasi kadar kolesterol. selain itu, beberapa pasien dengan hiperlipidemia menggunakan statin untuk menurunkan kadar kolesterol, namun berhenti meminumnya setelah jangka waktu tertentu. penulis makalah percaya bahwa hasil penelitian ini membantu menjelaskanmengapa beberapa pasien yang tidak meminum obatnya secara teratur memiliki peningkatan risiko penyakit jantung。dalam makalah lain yang diterbitkan dalam edisi yang sama "nature", tim peneliti dari université paris cité di perancis juga mengamati bahwa dibandingkan dengan melanjutkan diet tinggi lemak,diet tinggi lemak secara berkala mempercepat aterosklerosis. dengan menggunakan model tikus, penulis penelitian menemukan bahwa diet tinggi lemak secara berkala juga menyebabkan pemrograman ulang neutrofil, sehingga mempercepat perkembangan aterosklerosis.[1] minoru takaoka et al., hiperlipidemia intermiten dini mengubah makrofag jaringan untuk memicu aterosklerosis. nature (2024) doi: https://doi.org/10.1038/s41586-024-07993-x